CB – Survey

Hai Semua! Pada kesempatan kali ini, kami mendapat project Character Building (CB): Kewarganegaraan (Agama).  Project kali ini kami rencanakan berjalan selama 5 minggu berturut-turut sesuai dengan anjuran dosen kelas kami. Tema project CB kali ini adalah tentang kepedulian sosial. Kegiatan yang akan kami lakukan adalah berupa kampanye mengenai pentingnya waktu dan kejujuran.

 

Setelah melakukan beberapa survei ke beberapa tempat dan target utama kampanye kami, kami memilih RPTRA Amanah Bunda di Jakarta Barat. Lokasinya yang terbilang cukup dekat dari Kampus dan cukup mudah diakses menjadi sekian dari banyak faktor mengapa kami memilih tempat ini.

Kemudian, kami melakukan kegiatan pertama, yaitu survei lokasi project CB di RPTRA Amanah Bunda secara berkelompok pada hari Rabu, 11 Oktober 2017 mulai pukul 14.00 hingga pukul 15.30. Survei kami mulai dengan bertemu salah satu pengurus sekaligus pengajar RPTRA Amanah Bunda yaitu Ibu Neneg. Setelah bertemu beliau, kami segera menyampaikan maksud tujuan kami dan permohonan izin untuk kampanye yang akan kami lakukan. Kemudian, kami menanyakan beberapa hal tentang kegiatan yang akan kami lakukan dan kami mendapat sambutan juga respon yang sangat baik.

Setelah meminta permohonan izin, kami pun menentukan target utama kami untuk berkampanye. Alhasil kami memilih anak-anak SD sebagai target utama dari kegiatan kami. Kami memilih anak-anak SD karena akan lebih baik jika mereka mendapatkan pengetahuan sekaligus pelajaran mengenai kepedulian sosial terutama dalam kejujuran dan menghargai waktu sedini mungkin. Terlebih lagi, Ibu Neneng sendiri mengatakan bahwa di RPTRA dan anak-anak sangat minim mendapatkan pelajaran seperti moral kehidupan.

Kami juga mendapatkan saran dari Ibu Neneg untuk melakukan observasi terhadap anak-anak di RPTRA Amanah Bunda. Tujuan dilakukan observasi tersebut karena sifat, perilaku dan kepribadian masing-masing anak di RPTRA Amanah Bunda sangat beragam. Hal ini juga sekaligus dapat membantu kami dalam menangani perilaku dan kepribadian mereka saat kami akan melakukan kampanye kami (agar tahu dan dapat mencari solusi jika ada suatu hambatan atau masalah).

Akhirnya, kami menyepakati tanggal dan waktu kegiatan yang akan kami laksanakan bersama Ibu Neneng. Kami sangat senang karena Sekian kegiatan pertama kami. Semoga Bermanfaat.

 

Hari pertama      :              http://icen.blog.binusian.org/2017/12/04/cb-survey/

Hari kedua          :              http://icen.blog.binusian.org/2017/12/07/cb-observasi/

Hari ketiga          :              http://icen.blog.binusian.org/2017/12/07/cb-kejujuran/

Hari keempat     :              http://icen.blog.binusian.org/2017/12/07/cb-time-management/

Hari kelima         :              http://icen.blog.binusian.org/2017/12/07/cb-evaluasi/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *