CB – Evaluasi

Evaluasi

 

Pada hari kamis tanggal 9 November 2017, kami sekelompok berangkat bersama pada pukul 14.45 menuju RPTRA. Sesampainya disana kami bercanda tawa bersama anak – anak RPTRA yang ada disana, kebanyakan adalah dengan anak – anak yang pernah kami ajar sebelumnya karena kami sudah saling kenal dan nyaman satu sama lain. Setelah itu kami berkumpul di dalam perpustakaan RPTRA untuk melakukan evaluasi materi tentang kejujuran serta pentingnya menghargai waktu yang telah kami berikan pada saat kunjungan kami sebelumnya. Setelah berkumpul bersama kami melakukan absensi terlebih dahulu terhadap anak – anak RPTRA yang berkumpul di dalam ruangan perpustakaan bersama kami agar kami mengetahui siapa saja yang pada hari itu datang untuk evaluasi materi.

Sesaat setelah melakukan absensi, kami sekelompok menyatakan pemenang dari lomba menggambar pada minggu sebelumnya saat kami memberi materi tentang pentingnya menghargai waktu karena dalam permainan itu anak – anak di RPTRA harus menepati waktu mereka untuk menggambar. Kami mengumumkan pemenangnya dengan memanggil 3 orang pemenang dan memberikannya sesuai dengan urutan juaranya. Lalu, setelah kami mengumkan para memenang lomba dari minggu lalu dan memberikan mereka hadiahnya, kami memulai sesi evaluasi dengan melakukan tanya jawab dengan mereka dan memberi mereka hadiah berupa permen jika ada yang benar dalam menjawab pertanyaannya.

Kami menanyakan tentang apa itu kejujuran, apa saja tindakan kejujuran itu, apakah ada yang pernah berbohong kepada orang tua ataupun orang lain, apa itu pentingnya menghargai waktu, kenapa kita harus tepat waktu dan lain lain. Kami sempat kewalahan karena keantusiasan mereka yang sangat besar dalam menjawab pertanyaan yang kami beri. Banyak anak – anak yang hadir menunjuk tangan mereka dan menjawab pertanyaan kami dengan respon yang cepat dan benar, banyak pula yang berebut menjawab pertanyaan karena terlalu bersemangat dan antusias.

Setelah akhirnya mereka mulaii tenang dari keantusiasan mereka, kami menyuruh beberapa dari mereka untuk meningkatkan keberanian mereka dan rasa percaya diri mereka dengan menyuruh mereka maju ke depan hadapan semua orang dan menyanyikan sebuah lagu nasional guna untuk meningkatkan jiwa nasionalis mereka juga. Ternyata mereka mempunyai keberanian yang cukup baik sehingga terdapat dua orang yang maju untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya serta lagu Indonesia pusaka dengan keinginan mereka sendiri tanpa kami paksa. Atas keberanian mereka yang berlebih, kami memberikan mereka permen serta coklat sebagai hadiahnya dan mereka sangat gembira karena itu. Setelah menyelesaikan sesi evaluasi beserta permaian, kami semua membersihkan perpustakaan seperti semula sebelum kami gunakan dan melanjukan bermain, mengobrol serta bercengkrama di teras RPTRA tempat biasanya anak – anak bermain dan belajar dalam jumlah yang banyak. Kami bermain, bercerita, dan mengobrol cukup lama karena hari itu adalah hari terakhir yang harus kami jalani bersama mereka dan harus melakukan perpisahaan terhadap mereka. Kami bermain bola bekel, bercerita serta berfoto dengan mereka. Setelah kurang lebih satu jam kemudian kami melakukan perpisahan, kami bekata kepada mereka bahwa ini adalah hari terakhir kami mengajar serta bermain bersama mereka. Banyak dari mereka yang ingin kami untuk datang lagi minggu depan dan bermain serta belajar bersama mereka. Meski sedih tetapi kami harus melakukan perpisahaan ini dan berpisah bersama mereka.

 

Kami sangat berterima kasih kepada pihak RPTRA Amanah Bunda karena telah        memberikan kami sekelompok kesempatan untuk mengajar serta bermain dengan anak – anak di RPTRA, kami sangat senang dan juga terharu atas sikap serta kebaikan yang mereka ungkapkan kepada kami. Kami selaku kalompok 3 CB dari mahasiswa Universitas Bina Nusantara mengucapkan teima kasih.

Hari pertama      :              http://icen.blog.binusian.org/2017/12/04/cb-survey/

Hari kedua          :              http://icen.blog.binusian.org/2017/12/07/cb-observasi/

Hari ketiga          :              http://icen.blog.binusian.org/2017/12/07/cb-kejujuran/

Hari keempat     :              http://icen.blog.binusian.org/2017/12/07/cb-time-management/

Hari kelima         :              http://icen.blog.binusian.org/2017/12/07/cb-evaluasi/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *