CB – Observasi

Hello! Kembali lagi bersama kami dari kelompok 3. Pada pertemuan kedua ini kami akan melakukan obsrvasi terhadap anak-anak dan lingkungan sekitar RPTRA Amanah bunda. Dari fasilitas yang ada, RPTRA Amanah Bunda memiliki fasilitas yang cukup ramah untuk warga sekitar. Dari segi fasilitas untuk anak tersedia lapangan badminton dan juga ada fasilitas perpustakaan kecil. Di perpustakaan kecil kami meninjau bahwa perpustakaan ini dapat menjadi daya tarik anak karena di sini mereka di fasilitasi yang sangat menunjang seperti adanya pendingin ruangan, buku-buku bacaan hingga mainan anak berupa lego.

 

Setelah itu kami melakukan observasi terhadap karakteristik setiap anak-anak RPTRA Amanah Bunda yang sangat beragam dan memiliki sifat yang berbeda beda. Hal ini kami lakukan agar saat kami membawakan materi dan jika mengalami suatu hambatan, kami sudah mengetahui bagaimana cara mengatasi anak tersebut. Observasi yang kami lakukan seperti melihat dan mencari tahu sifat masing-masing anak RPTRA Amanah Bunda dan kebiasaan mereka seperti dari menangkap pelajaraan dan keaktifan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Sebagai contoh adalah Tebe, perilaku Tebe terbilang sangat aktif dalam bermain dan juga aktif dalam belajar. Saat kami memberikan materi, Tebe sangat antusias dalam mengikuti kegiatan yang kami adakan. Tidak lupa Tebe juga gemar bertanya dan Tebe sangat suka mengajak kami untuk belajar bersama. Lain dengan salah satu anak lainnya yang bernama Arman. Arman sangat tertarik dan antusias untuk mengikuti kegiatan kami namun ia sangat pemalu dan pendiam, tidak seperti Tebe yang aktif dalam bertanya.

 

Dari observasi yang kami lakukan, seluruh anggota baik dari pengajar, anak-anak dan pengurus di RPTRA Amanah Bunda juga sangat antusias terhadap kegiatan yang kami laksanakan. Tidak hanya antusias terhadap kami, tetapi antusias setiap anggota dalam menjaga lingkungan dan fasilitas serta kekompakan yang ada di RPTRA Amanah Bunda juga sangat tinggi. Jika dilihat dari kebersihan lingkungannya sendiri, sangat terpancar setiap anggota juga pengurus rajin membersihkan dan menjaga lingkungan sekitar RPTRA. Tidak ada sampah, lahan bermain yang cukup luas, dan kondisi lingkungan yang sangat ramah.

Hari pertama      :              http://icen.blog.binusian.org/2017/12/04/cb-survey/

Hari kedua          :              http://icen.blog.binusian.org/2017/12/07/cb-observasi/

Hari ketiga          :              http://icen.blog.binusian.org/2017/12/07/cb-kejujuran/

Hari keempat     :              http://icen.blog.binusian.org/2017/12/07/cb-time-management/

Hari kelima         :              http://icen.blog.binusian.org/2017/12/07/cb-evaluasi/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *