CB – Time Management

Pada waktu pelaksanaan kegiatan di RPTRA Amanah Bunda. Salah satu kegiatan yang kami lakukan adalah dengan memberikan kegiatan sosialisasi tentang pentingnya menghargai waktu. Kami memberikan pemahaman dan diskusi tentang menghargai waktu, mengetahui sudut pandang mereka terhadap waktu, dan bagaimana cara mereka memanfaatkan waktu. Kami menerangkan kepada mereka bahwa tanpa kita sadari waktu berjalan sangat cepat. Waktu terus berputar. Maka, harus digunakan dengan sebaik-baiknya.

Ketika kami melakukan kegiatan sosialisasi, anak-anak sangat antusias dan selalu memperhatikan. Salah satu contoh, ketika kegiatan berlangsung, kami menanyakan hal apa saja yang mereka lakukan setiap harinya. Ketika menjelang pagi, kegiatan yang mereka lakukan adalah sekolah, setelah sekolah diantara mereka ada yang tidur siang atau bermain sampai magrib. Karena keasikan bermain membuat mereka lupa waktu. Setelah itu, salah satu dari mereka berkata bahwa kemungkinan besar setelah ia selesai bermain, ia merasa sudah sangat lelah dan malas untuk mengerjakan PR, hingga akhirnya PR tidak dikerjakan hingga esok tiba disekolah. Dengan begitu, kami menyimpulkan bahwa waktu tidak digunakan dengan sebaik-baiknya. Melalaikan atau tidak menghargai waktu.

Sudah seharusnya, anak-anak mulai belajar menghargai waktu, dan menyadari betapa pentingnya waktu. Mereka perlu mengetahui bahwa sekolah merupakan kewajiban utama sebagai seorang pelajar. Bukan berarti mereka harus belajar terus, namun bermain juga merupakan hal yang penting dilakukan oleh anak-anak seusia mereka. Kami memberitahukan kepada mereka bahwa main boleh namun harus ingat waktu, apalagi ketika ada PR dari sekolah, maka sebaiknya atur waktu untuk bermain dan untuk belajar dengan bijak.

Di akhir kegiatan, kami memberikan games kepada mereka. Mereka kami minta untuk menggambar, dengan waktu 15 menit. Kami ingin mengetahui, apakah mereka menjalankan waktu dengan bijak atau tidak. Ketika mereka menggambar, terlihat beberapa anak secara serius menggambar, yang berarti mereka menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya. Ada pula anak yang malah bercanda dengan temannya, hingga waktu hampir habis. Namun, ketika kami mengingatkan kembali, mereka langsung menggambar dengan serius, agar selesai dengan tepat waktu.

Sikap menghargai waktu memiliki peranan yang sangat penting didalam kehidupan sehari-hari. Sikap ini, dapat menjadi kunci kesuksesan seseorang di masa yang akan datang. Pemahaman menghargai waktu seperti ini, sangat penting diberikan kepada anak-anak mulai sejak dini dan akan berpengaruh kelak ketika mereka dewasa.

 

 

 

 

 

 

 

 

Hari pertama      :              http://icen.blog.binusian.org/2017/12/04/cb-survey/

Hari kedua          :

 

http://icen.blog.binusian.org/2017/12/07/cb-observasi/

Hari ketiga          :              http://icen.blog.binusian.org/2017/12/07/cb-kejujuran/

Hari keempat     :              http://icen.blog.binusian.org/2017/12/07/cb-time-management/

Hari kelima         :              http://icen.blog.binusian.org/2017/12/07/cb-evaluasi/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *